Minggu, 23 Juni 2024

Persiapan PPG Daljab 2024: Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Peserta PPG/TPG di LMS


Rangkang Belajar |
Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam mengadakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Peserta PPG/TPG di LMS. Acara ini berlangsung pada 20-22 Juni 2024 di Aviary Hotel Bintaro.

Nurul Akmal, M.Pd., Sekretaris Program Studi PPG sekaligus Admin LMS LPTK IAIN Lhokseumawe, turut hadir dalam kegiatan penting ini. Rapat ini merupakan bagian dari refreshment untuk semua LPTK yang akan melaksanakan PPG, serta untuk menyampaikan berbagai perubahan teknis dalam pengelolaan data dan pelaksanaan pembelajaran PPG Batch 1 tahun 2024.


Acara ini diisi oleh dua pemateri utama, yaitu Dr. Abdul Rozak, M.Si, dan Dr. Suwadi, S.Ag., M.Ag. Beberapa poin penting yang disampaikan oleh kedua pemateri antara lain:
  1. Evaluasi dan kendala pelaksanaan PPG tahun 2023.
  2. Inovasi model pembelajaran yang akan diterapkan di PPG tahun 2024. Model pembelajaran untuk K1 adalah Project Based Learning dan Problem Based Learning, sedangkan untuk K2 menggunakan Project Based Learning, Problem Based Learning, dan TPACK.
  3. Pengembangan pembelajaran.
  4. Aktivitas pembelajaran akan disesuaikan untuk K1 dan K2 agar dimulai dan berakhir pada waktu yang bersamaan.
  5. Perubahan penilaian dengan beberapa rubrik penilaian baru yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil evaluasi dari pelaksanaan PPG tahun 2023. Semua rubrik telah diinput ke dalam LMS sehingga pengajar dapat melakukan penilaian langsung melalui LMS yang disediakan.
Dr. Abdul Rozak, M.Si., dan Dr. Suwadi, S.Ag., M.Ag., menjelaskan bahwa beberapa perubahan ini terjadi karena terbitnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, hasil survei implementasi PPG tahun 2023 di Kementerian Agama RI, penyesuaian kebutuhan mahasiswa PPG, serta saran dan masukan dari berbagai pihak terkait. (Nurul Akmal)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect